Melon : Asal, Nilai Gizi, dan 11 Manfaat Kesehatan

Melon : Asal, Nilai Gizi, dan 11 Manfaat Kesehatan
#melon #Nilaigizi #manfaat #kesehehatan
Melon dibuat untuk camilan manis dan menyegarkan yang bisa menghilangkan sengatan panas musim panas.

Honeydew termasuk dalam kelompok buah-buah Cucurbitaceae atau keluarga muskmelon dan merupakan kerabat dekat dengan melon populer lainnya seperti semangka dan melon.

Melon datang dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga sedang, dan biasanya berbentuk bulat atau oval.

Melon biasanya memiliki kulit halus yang diwarnai dengan warna kuning atau krem. Daging yang tertutup di dalamnya biasanya berwarna hijau pucat. Namun, beberapa varietas bermutasi memiliki daging oranye yang ekstra manis dan disebut sebagai "godaan melon."

Varian lain yang agak khas adalah golden honeydew, yang memiliki kulit berwarna emas cerah dan daging putih bersih.

Sama seperti jenis melon populer lainnya, melon memiliki kadar air yang tinggi sekitar 90 persen. Ini juga menawarkan dosis sehat serat larut dan tidak larut, sementara hampir tidak mengandung lemak dan nol kolesterol.

Satu cangkir sajian buah ini hanya mengandung 64 kalori, yang sebagian besar dalam bentuk gula sederhana: fruktosa dan glukosa. Sajian ini juga menyediakan sekitar 1,4 gram serat.

Honeydew juga merupakan sumber antioksidan vitamin C dan elektrolit kalium yang luar biasa, yang memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Karena jumlah kalori yang rendah dan kepadatan nutrisi yang tinggi, buah sukulen ini memiliki semua manfaat dari camilan di tepi kolam yang menyehatkan.

Jadi, tidak seperti camilan goreng dan asin lainnya yang mengeringkan mulut Anda, menggali daging madu yang lezat dan berair dapat membantu Anda mendinginkan, menghilangkan dahaga, dan menyegarkan indera Anda dengan semburan energi.

Nilai Gizi Melon

Nilai Gizi Honeydew per 100 gram :

Air - 89,82 g
Energi - 36 kkal
Protein - 0,54 g
Total lipid - 0,14 g
Karbohidrat - 9,09 g
Serat makanan - 0,8 g
Gula - 8,12 g
Mineral

Kalsium, Ca- 6 mg
Besi, Fe - 0,17 mg
Magnesium, Mg - 10 mg
Fosfor, P - 11 mg
Kalium, K - 228 mg
Sodium, Na - 18 mg
Seng, Zn - 0,09 mg
Vitamin

Vitamin C - 18,0 mg
Tiamin - 0,038 mg
Riboflavin - 0,012 mg
Niasin - 0,418 mg
Folat - 19 mcg
Vitamin A - 3 mcg
Vitamin E - 0,02 mg
Vitamin K - 2,9 mcg

Memilih Melon Anda
Anda dapat mengiris sepotong melon yang menjanjikan dan mengharapkan kenikmatan yang manis dan berair tetapi berakhir dengan kekecewaan yang hambar. Rasa semangka melon bergantung pada apakah sudah cukup matang atau tidak.

Tidak semua orang memiliki mata untuk memilih jenis produk yang tepat, tetapi siapa pun dapat mengenakan topi penikmat jika Anda tahu apa yang harus dicari. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa semakin lama sebuah melon matang di pohon anggur, akan semakin manis.
  • Ketika menjelajahi pasar petani untuk mendapat melon yang sempurna itu, cari yang beratnya sesuai dengan ukurannya dan memiliki kulit yang halus dan tidak rusak dengan nuansa yang agak seperti lilin.
  • Anda tidak ingin membeli sepotong yang memiliki kulit fuzzy, terlalu lunak, atau terasa lembab di ujung batang. Ini bisa berarti melon terlalu matang.
  • Cara lain untuk menilai apakah melon telah cukup matang atau tidak adalah dengan mencium baunya. Melon yang mengeluarkan aroma agak manis, hampir seperti madu adalah taruhan yang aman.
  • Melon berkualitas premium akan menghasilkan sedikit ketika Anda menekan permukaan yang berseberangan dengan ujung batang.
  • Untuk jaminan tambahan, Anda harus mengetuk sisi melon dengan lembut beberapa kali dengan telinga dekat. Melon yang matang secara ideal akan menghasilkan nada yang dalam atau suara hampa.
  • Nada yang bernada tinggi dan kering, di sisi lain, menunjukkan melon yang tidak matang, sedangkan bunyi monoton yang mati dikaitkan dengan melon yang terlalu matang.
  • Jika Anda membawa pulang melon mentah, jangan khawatir. Biarkan pada suhu kamar sampai memenuhi spidol pematangan yang diperlukan, dan simpan di kulkas setelahnya agar tidak berubah lembek.
  • Setelah Anda memotong melon, selalu simpan potongan dalam wadah kedap udara untuk disimpan di lemari pendingin. Namun, cobalah untuk menyelesaikan batch dalam 3-4 hari, karena buah kemungkinan akan memburuk setelah itu.

Manfaat Kesehatan Esensial Melon

Meskipun daya tarik terbesarnya mungkin rasa, madu juga bergizi dan dapat memberikan beberapa manfaat.
Manfaat Kesehatan Esensial Melon

Manfaat Kesehatan Esensial Melon

Berikut ini beberapa manfaat mengejutkan dari melon.

1. Dapat Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Melon melon menawarkan kandungan kalium dan air yang mengesankan bersama dengan kadar natrium rendah, yang membuat kombinasi yang ideal untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Meskipun individu hipertensi biasanya berhati-hati dalam mengurangi natrium, asupan kalium yang cukup juga sama pentingnya. Melon melon menghasilkan jumlah kalium yang serupa seperti pisang ukuran sedang, tetapi dengan setengah kalori.

Kalium adalah nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dan memfasilitasi konduksi saraf yang tepat dan kontraksi otot.

Diet kaya kalium juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang, dan pengurangan pembentukan.

Selain potasium, camilan manis ini juga kaya serat, vitamin C, dan kolin, yang semuanya mendukung kesehatan jantung.

2. Bermanfaat untuk Wanita Hamil

Wanita hamil harus ekstra hati-hati tentang apa yang mereka makan untuk memastikan tidak hanya kesehatan mereka sendiri tetapi juga bayi mereka.

Memelihara kehidupan di dalam diri Anda bisa sangat menuntut tubuh Anda, yang membutuhkan peningkatan asupan makanan kaya nutrisi untuk menopang janin yang sehat.

Pertimbangan lain untuk wanita hamil adalah bahwa kekebalan mereka diturunkan selama fase kehamilan, yang selanjutnya membutuhkan vitamin, mineral, dan antioksidan penangkal penyakit.

Mengingat komposisi yang padat nutrisi dan rendah kalori, konsumsi madu dapat dengan aman mengatasi berbagai masalah kesehatan yang menjadi semakin mengancam selama kehamilan.

Ini dapat memberi Anda semburan energi instan, meningkatkan penyerapan zat besi tanaman, dan mempertahankan tingkat tekanan darah yang optimal dengan menyediakan kalium. Ini juga dapat membantu mencegah kram kaki.

Buah sukulen ini juga kaya akan folat, yang disebut-sebut sebagai elemen makanan suci-grail untuk wanita hamil.Folat sangat penting untuk pertumbuhan janin yang sehat dan membantu mencegah cacat tabung saraf dan cacat lahir tertentu lainnya.

3. Mempromosikan Kesehatan Jantung

Melon dapat dianggap sebagai makanan yang menyehatkan jantung, dan ada cukup bukti ilmiah untuk menjamin klaim ini.

Salah satu penyebab utama peningkatan risiko penyakit kardiovaskular adalah kelebihan homosistein dalam tubuh. Homocysteine ​​adalah asam amino yang terutama berasal dari daging, yang bila meningkat dapat memicu penyakit jantung dan ginjal serta kehilangan mineral tulang.

Melon melon mengandung banyak folat dan vitamin B6, yang keduanya dapat membantu memecah homocysteine ​​dan melindungi tubuh dari efek berbahaya.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan karotenoid, seperti beta-karoten yang ditemukan dalam madu, dapat terbukti bermanfaat untuk melindungi jantung Anda terhadap penyakit dan degenerasi.

Karotenoid yang ramah jantung ini membantu menurunkan kadar kolesterol plasma non-HDL, mencegah penumpukan plak di arteri, mengurangi sitokin pro-inflamasi, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Janji kardioprotektif dari honeydew hanya dibuat lebih dalam oleh tingginya kadar kalium yang ada di dalamnya. Kadar nutrisi esensial yang tidak mencukupi ini dapat menyebabkan detak jantung yang tidak teratur atau sirkulasi darah di bawah normal ke seluruh tubuh.

4. Semoga Meningkatkan Kesehatan Mata

Lutein dan zeaxanthin adalah dua fitonutrien kuat yang memainkan peran penting dalam menjaga fungsi mata yang sehat.Melon melon mengandung kedua alat bantu mata alami ini dalam jumlah yang signifikan.

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi kesehatan mata ini, termasuk melon, dapat membantu menurunkan risiko masalah terkait mata seperti katarak, kebutaan terkait usia, dan degenerasi makula terkait usia, antara lain.

5. Menghidrasi Tubuh

Berasal dari keluarga buah melon, madu juga memiliki kandungan air yang tinggi.

Selain karena 90% mengandung air, buah ini juga kaya akan kalium, elektrolit esensial untuk melawan efek berbahaya natrium dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Dengan demikian, honeydew memiliki semua kemampuan untuk menghasilkan buah yang paling haus , yang secara bersamaan dapat menghidrasi tubuh pada tingkat sel.

Tidak heran jika jus sukulen beraroma madu ini menjadi minuman yang populer, terutama selama hari-hari musim panas yang panjang dan terik.

6. Meningkatkan Kekebalan Anda

Melon melon menyediakan vitamin C antioksidan penambah kekebalan tubuh.Faktanya, 1 cangkir (177 gram) melon madu dapat melengkapi lebih dari setengah asupan diet yang direkomendasikan (RDI) vitamin C, menjadikannya nilai tambah yang baik untuk diet harian Anda.

Vitamin C memainkan peran penting dalam memperkuat dan mendukung pertahanan alami tubuh Anda bersama dengan mempromosikan fungsi otak yang sehat, membantu produksi kolagen, dan memerangi aktivitas radikal bebas.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa risiko infeksi saluran pernapasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa, dapat diturunkan dengan mempertahankan asupan vitamin C yang cukup.

7. Membantu Pencernaan

Honeydew dapat dengan cepat melewati lambung dan masuk ke usus kecil untuk pencernaan karena terutama air dan karbohidrat.

Ini terdiri dari serat makanan yang larut dan tidak larut, keduanya mengikat dengan produk limbah tubuh dan memfasilitasi eliminasi mereka yang mudah dan cepat melalui saluran pencernaan yang tepat.

Serat pelarut memiliki sifat glikemik rendah karena memperlambat penyerapan glukosa dalam aliran darah. Efek ini membantu menjaga gula darah dalam kisaran yang sehat setelah makan.

Selain itu, serat larut mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah dengan mengeluarkannya dalam bentuk empedu dengan tinja. Tindakan ini terutama berkaitan dengan jenis kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein (LDL).

Serat yang tidak larut, di sisi lain, tidak larut dalam air dan membuat makanan tetap bergerak melalui kerangka pencernaan. Ini memberikan serat yang diperlukan untuk asupan makanan kita , yang pada akhirnya membantu meningkatkan kotoran kita dan memastikan buang air besar yang lancar dan tepat waktu.

Semua dalam semua, serat tidak larut adalah komponen makanan penting untuk mencegah masalah pencernaan selain beberapa jenis penyakit pencernaan.

8. Memelihara Kulit

Melon menyuplai Anda dengan nutrisi penambah kulit dosis baik, yaitu vitamin C dan tembaga.

Vitamin C terkenal karena efek antioksidannya yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit oleh polutan eksternal dan proses metabolisme normal. Selain itu, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

Atribut kunci lain dari vitamin C adalah bahwa ia menstimulasi sintesis kolagen, protein struktural utama yang vital bagi makanan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan kulit dan pembuluh darah.

Dengan demikian, mempertahankan sintesis kolagen yang sehat dapat membantu mempercantik kulit Anda pada tingkat sel.

Demikian pula, jejak mineral tembaga telah dikaitkan dengan kemampuan untuk meningkatkan regenerasi kulit dan jaringan.

Jika Anda ingin mengoptimalkan manfaat kecantikan ini untuk memberi kulit Anda kilau sehat, makan banyak melon.

9. Memperkuat Tulang dan Gigi

Melon melon mengandung beberapa mineral penguat tulang seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, yang merupakan alasan lain untuk mencoba buah ini.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung nutrisi pembangun tulang dapat meningkatkan produksi protein tulang struktural dan membantu menjaga struktur kerangka Anda tetap muda dan kuat selama bertahun-tahun.

Honeydew juga mengandung mikronutrien vital lainnya, folat, yang dapat mengimbangi efek buruk homocysteine ​​pada mineralisasi tulang. Peningkatan kadar homosistein telah dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang terhambat, sehingga membuka jalan untuk osteoporosis, terutama pada wanita pasca-menopause .

Dengan demikian, memasukkan melon ke dalam diet harian Anda dapat membantu berpotensi menunda atau bahkan membalikkan kehilangan tulang.

10. Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Siapa pun yang ingin mengurangi berat badan dapat memperoleh manfaat dari meningkatkan asupan buah dan sayuran. Melon adalah salah satu buah yang dapat dianggap sebagai makanan ramah pengamat berat badan.

Ini mengandung kalori minimal dan kadar natrium yang rendah selain menjadi bebas lemak dan bebas kolesterol.

Tambahkan ke dalamnya serat dan kandungan air tinggi, yang mempromosikan rasa kenyang. Dengan demikian, secara teratur memasukkan makanan bervolume tinggi dan rendah kalori ke dalam diet Anda dapat membantu Anda mengurangi camilan yang tidak perlu dan tidak sehat.

Sifat berserat dari buah ini memungkinkan pencernaan yang baik dari asupan makanan Anda, menghasilkan buang air besar yang teratur dan lancar. Selain itu, makan makanan kaya serat seperti honeydew adalah cara mudah untuk memangkas asupan lemak harian Anda karena itu akan mengisi Anda dengan relatif cepat, sehingga mengurangi nafsu makan Anda.

Karena madu yang matang sepenuhnya ditandai oleh rasa manisnya yang seperti madu, buah ini juga dapat menawarkan alternatif yang sehat untuk makanan penutup berkalori tinggi untuk memadamkan hasrat gula Anda.

11. Ramah Diabetes

Diabetes pada dasarnya adalah ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin yang cukup atau memanfaatkan insulin secara efisien, yang diperlukan untuk memproses glukosa dalam tubuh.

Rasa manis-manis dari melon melon dapat membuat Anda percaya bahwa itu benar-benar terlarang bagi penderita diabetes. Namun, buah ini justru bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Buah ini dikemas dengan serat larut, yang menyebabkan tingkat penyerapan glukosa lebih lambat. Ini karena efek ini bahwa angka madu rendah pada indeks glikemik dan merupakan taruhan yang aman untuk memuaskan hasrat manis dari mereka yang dengan atau pada risiko diabetes.

Selain itu, honeydew pada dasarnya bersifat diuretik karena kandungan airnya 90 persen, properti lain yang bekerja mendukung penderita diabetes. Dengan meningkatkan aliran urin, asupan melon dapat membantu menyeimbangkan dan mengatur produksi insulin serta menghindari retensi cairan dalam tubuh .

Untuk memastikan bahwa madu tidak berkontribusi pada lonjakan gula darah yang tidak semestinya, sebaiknya dikonsumsi dengan protein, seperti kacang-kacangan, keju cottage rendah lemak, atau yogurt Yunani rendah lemak.

Selain itu, cobalah membatasi ukuran porsi Anda menjadi satu porsi untuk menjaga asupan karbohidrat Anda tetap terkendali.

Cara Mempersiapkan dan Menikmati Melon

Beberapa Ide Penayangan Cepat

  • Siapkan minuman peremajaan yang menyenangkan untuk mengalahkan panas musim panas hanya dengan menambahkan air soda ke segelas jus madu yang baru saja diperas.
  • Persiapan honeydew lain yang menggugah selera adalah memurnikan buah dan buah persik lunak dalam blender atau pengolah makanan. Setelah pasta siap, encerkan dengan sedikit madu dan jus lemon dan Anda memiliki semangkuk sup dingin yang lezat.
  • Irisan melon dengan yogurt dan cincang mint di atasnya juga membuat camilan lezat.
  • Potong setengah irisan melon horizontal, ambil bijinya, dan gunakan masing-masing setengah sebagai keranjang untuk menyajikan salad buah. Ingatlah untuk selalu mencuci melon sebelum memotongnya.

Risiko dan Tindakan Pencegahan

Seimbangkan Diet Keseluruhan Anda: Melon melon merupakan tambahan yang baik untuk rencana makan Anda, tetapi buah itu sendiri tidak dapat diharapkan untuk memperbaiki semua masalah kesehatan Anda. Agar madu dapat membuat perbedaan yang bermanfaat, penting bagi Anda untuk memasangkannya dengan berbagai makanan bergizi lainnya dalam pola makan yang seimbang.

Kebersihan adalah Kuncinya: Selain itu, selalu pastikan untuk mencuci dan menggosok permukaan luar buah sebelum membukanya. Praktik sanitasi seperti itu merupakan prasyarat penting untuk makan sehat. Pertama, membersihkan buah terlebih dahulu membantu mengurangi risiko bakteri berbahaya seperti Salmonella yang ditransfer ke daging melon.

Pertahankan Kadar Kalium : Penderita penyakit jantung umumnya diresepkan beta-blocker, sejenis obat yang dapat menyebabkan lonjakan kadar kalium darah. Karena melon madu juga mengandung banyak kalium, orang-orang yang menggunakan beta-blocker disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedang untuk menghindari kelebihan berlebihan dalam kadar kalium darah.

Mengkonsumsi terlalu banyak potasium dapat berdampak buruk, terutama bagi mereka yang fungsi ginjalnya terganggu. Konsultasikan dengan tim perawatan kesehatan Anda sebelum menambahkan honeydew ke dalam diet Anda jika Anda memiliki gangguan fungsi ginjal atau sedang dalam pengobatan beta-blocker.

Sumber:
  1. Basic Report: 09184, Melons, honeydew, raw. USDA Food Composition Databases. https://ndb.nal.usda.gov/ndb/foods/show/2276. Published April 2018.
  2. How Potassium Can Help Control High Blood Pressure. American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure. Published October 31, 2016.
  3. Gao Y, Chao Sheng R-hua X, Sun W, et al. New Perspective on Impact of Folic Acid Supplementation during Pregnancy on Neurodevelopment/Autism in the Offspring Children – A Systematic Review. PLOS ONE. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0165626. Published November 22, 2016.
  4. Ciccone MM, Cortese F, Riccioni G. Dietary Intake of Carotenoids and Their Antioxidant and Anti-Inflammatory Effects in Cardiovascular Care. Mediators of Inflammation. https://www.hindawi.com/journals/mi/2013/782137/. Published December 31, 2013.
  5. FLESHMAN MATTHEWK, LESTER GENEE, RIEDL KENM. Carotene and Novel Apocarotenoid Concentrations in Orange-fleshed Cucumis melo Melons: Determinations of β-Carotene Bioaccessibility and Bioavailability. Journal of Agricultural and Food Chemistry. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3544477/. Published April 11, 2011.
  6. Karppi J, Kurl S, Ronkainen K, Kauhanen J, Laukkanen JA. Serum Carotenoids Reduce Progression of Early Atherosclerosis in the Carotid Artery Wall among Eastern Finnish Men. PLOS ONE. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0064107. Published May 21, 2013.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel