10 Makanan Untuk Menekan Nafsu Makan

Makanan Untuk Menekan Nafsu Makan
Daftar Makanan berikut ini berfungsi untuk menekan Nafsu Makan
Nafsu makan adalah fenomena psikologis dan fisik. Ketika kita melihat hidangan yang terlihat bagus atau wangi, itu menstimulasi respons fisiologis yang tidak disengaja dalam tubuh. Memiliki nafsu makan yang sehat itu baik, tetapi peningkatan nafsu makan yang tidak perlu bisa menimbulkan masalah.

Orang mungkin memiliki nafsu makan yang meningkat karena gaya hidup yang tidak sehat, perubahan suasana hati, depresi, kebosanan, stres, kecemasan dan berbagai faktor emosional . Juga, kondisi tertentu seperti sindrom pramenstruasi, bulimia, hipertiroidisme, penyakit Graves, hipoglikemia, diabetes dan kehamilan dapat menyebabkan nafsu makan seseorang meningkat.

Nafsu makan yang meningkat dapat bertahan selama beberapa hari atau lebih, tergantung pada penyebabnya. Ini dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat, penambahan berat badan dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Apakah Anda berusaha untuk tetap sehat, menurunkan berat badan atau hanya ingin mengubah kebiasaan makan Anda, penting untuk menjaga selera makan Anda.

Ada banyak strategi untuk membantu menekan nafsu makan. Beberapa dari mereka menghindari karbohidrat olahan, mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup dan minum banyak air . Anda juga dapat memasukkan makanan tertentu ke dalam diet harian Anda untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda.

1. Oatmeal
Anda bisa tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama dengan semangkuk oatmeal. Oatmeal mengandung serat (baik larut dan tidak larut) dan membantu meningkatkan hormon pengatur nafsu makan yang dikenal sebagai cholecystokinin dalam tubuh.

Selain itu, oatmeal adalah karbohidrat yang lambat dicerna yang membantu menjaga gula darah dan insulin pada tingkat optimal sambil mempercepat proses pembakaran lemak. Selain itu, oatmeal juga membantu menurunkan kolesterol LDL ("buruk") dan mengurangi tekanan darah.

Untuk meningkatkan efek memuaskan dari oatmeal, makan oat yang dipotong baja dengan sedikit bubuk kayu manis.

2. Apel
Apel adalah makanan kaya serat larut yang membuat perut Anda kenyang lebih lama dan membantu mencegah makan berlebih. Mereka memiliki sedikit kalori dan kadar air yang tinggi, yang juga merupakan kunci dalam mengendalikan nafsu makan.

Plus, pektin dalam apel membantu penurunan berat badan dan membantu mencegah lonjakan gula darah yang memicu rasa lapar. Ini juga meningkatkan tingkat energi Anda.

Anda bisa makan apel dari semua varietas, tetapi Anda perlu memakan apel dengan kulitnya. Sebuah apel adalah camilan pagi atau sore yang ideal. Pastikan untuk mengunyah apel dengan benar. Waktu mengunyah akan memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk menyadari bahwa Anda tidak lagi lapar.

3. Yogurt Yunani
Sumber protein yang sangat baik, yogurt Yunani juga membantu menekan nafsu makan. Yoghurt Yunani juga mengandung banyak kalsium yang membantu mengendalikan rasa lapar dan membantu tubuh Anda terus berjalan sepanjang hari .

Ini juga memiliki manfaat tambahan dari potensi pembakaran lemaknya. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Tennessee, diet dengan setidaknya tiga porsi yogurt setiap hari juga mempercepat proses penurunan berat badan.

Anda dapat menikmati tekstur yogurt Yunani yang kental dan lembut seperti apa adanya atau menambahkan buah untuk camilan yang lebih mengenyangkan di sela waktu makan. Segelas smoothie yogurt juga merupakan pilihan yang baik.

4. Biji rami
Menjadi kaya akan serat, asam lemak omega-3 dan protein, biji rami juga membantu menekan nafsu makan Anda dan membantu Anda tetap kenyang dan berbahan bakar lebih lama.

Mereka juga merupakan sumber asam lemak omega-6 yang baik, yang dapat meningkatkan kadar hormon cholecystokinin penekan nafsu makan.

Anda bisa menaburkan biji rami bubuk ke sereal, yogurt, salad, dan sayuran. Anda bahkan dapat menambahkan satu sendok makan biji rami tanah di shake atau smoothie pagi hari Anda untuk meningkatkan nilai gizi.

5. Alpukat
Alpukat adalah makanan super lain yang bisa menekan nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Menjadi kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal sehat jantung dan serat larut, dibutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk mencerna alpukat. Ini memberikan perasaan kenyang yang berkepanjangan.

Sebuah studi baru-baru ini di Fakultas Kedokteran Albert Einstein di Yeshiva University di New York menemukan bahwa asam oleat dalam alpukat juga membantu menekan nafsu makan dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Karena alpukat tinggi kalori dan lemak, makanlah buah krim ini dalam jumlah sedang.

6. Teh Hijau
Teh hijau, baik panas atau dingin, adalah salah satu minuman yang bisa Anda minum di sela-sela waktu makan untuk menekan nafsu makan dan membantu Anda berhenti ngemil tanpa berpikir. Teh hijau mengandung fitonutrien seperti EGCG yang meningkatkan hormon cholecystokinin, yang bertanggung jawab untuk menciptakan perasaan kenyang.

Plus, katekin dalam teh hijau memperlambat kenaikan gula darah dan mencegah insulin tinggi dan penyimpanan lemak berikutnya. Kadar gula darah yang stabil juga akan menstabilkan mengidam rasa lapar.

Selain itu, teh hijau dikemas dengan nutrisi, seperti vitamin C, karotenoid, seng, selenium, kromium dan mineral lainnya.

Minumlah sekitar tiga hingga empat cangkir teh hijau setiap hari untuk mengendalikan hasrat dan juga menurunkan berat badan.

7. Kacang almond

Almond adalah sumber kaya lemak sehat seperti lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, yang mencegah Anda makan berlebihan. Lemak sehat ini juga menjaga kadar kolesterol Anda rendah. Selain itu, almond merupakan sumber serat pembunuh selera makan yang baik, yang membutuhkan waktu untuk dicerna sehingga Anda tidak merasa lapar lebih cepat.

Almond juga terbukti membantu manajemen berat badan, menurut sebuah studi yang dipresentasikan pada Pertemuan Ilmiah Tahunan Masyarakat Obesitas 2006.

Anda bisa makan seperempat cangkir almon setiap hari di sela-sela waktu makan atau kapan pun Anda memiliki keinginan kuat untuk makan. Pilihlah almond panggang atau basah daripada yang dilapisi gula atau asin.

8. Cabe rawit

Makanan pedas seperti cabe rawit telah ditemukan untuk membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang meningkatkan metabolisme dan akan membantu membakar lemak dan kalori pada tingkat yang lebih cepat sehingga Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Anda bisa makan cabe rawit mentah, dimasak, dikeringkan, atau dalam bentuk bubuk untuk mengendalikan nafsu makan. Anda juga bisa membuat teh cabai rawit dengan menambahkan secangkir air panas di atas sejumput cabai rawit dalam cangkir. Peras jus dari setengah lemon di dalamnya dan minum teh ini di antara waktu makan.

9. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya serat dan air, yang membuat perut Anda kenyang dan mematikan sinyal lapar ke otak Anda. Plus, sayuran rendah kalori ini ketika dimakan setiap hari memberikan manfaat kesehatan yang optimal dan membantu penurunan berat badan.

Anda dapat memilih bayam, collard, sawi hijau, kangkung atau asparagus untuk membuat salad hijau, segelas jus sayuran yang menyegarkan, atau semangkuk sup. Sayuran ini menghasilkan makanan yang memuaskan dan bergizi tinggi serta lezat untuk menjaga rasa lapar.

10. Telur

Telur juga dapat membantu Anda berhenti mengemil di antara waktu makan dan mengurangi nafsu makan. Efek kenyang mereka berasal dari protein berkualitas baik di dalamnya yang menyediakan energi berkelanjutan .

Makan satu atau dua telur untuk sarapan bisa membuat rasa lapar di pagi hari tetap terjaga. Menurut sebuah penelitian, ketika orang memiliki telur orak untuk sarapan mereka kurang lapar pada waktu makan siang dibandingkan dengan mereka yang makan sereal untuk sarapan.

Disarankan untuk makan lebih banyak putih telur daripada kuning telur karena sangat rendah kalori, bebas kolesterol dan hampir bebas lemak. Kuning telur, di sisi lain, mengandung lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah tinggi.

Anda harus menghubungi dokter Anda jika Anda memiliki nafsu makan yang terus-menerus meningkat.

Sumber:

www.dailymail.co.uk/health/article-2143181/Why-eggs-breakfast-hunger-pangs-away-lunchtime.html
www.nature.com/ijo/journal/v29/n4/full/0802880a.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel